Produktivitas Berkait dengan Penghasilan
Posted: 13 August 2009 00:00 : www.gsn-soeki.com/wouw/
Produktivitas Berkait dengan Penghasilan
Minggu, 28/10/2007

www.seputar-indonesia.com
http://www.gsn-soeki.com/wouw/

SERING saya merasa agak "gatal" ketika melewati Jalan Cihampelas yang merupakan pusat gerai pakaian di Bandung. Banyak toko di sana memasang papan atau tulisan bahwa toko ditutup pukul 21.00 WIB.

Akan tetapi, ketika saya datang ke beberapa toko yang ada di sana,meskipun jam saya belum menunjukkan angka 20.30 WIB, sudah banyak toko yang tutup.Setelah saya cari tahu, ternyata hal itu disebabkan toko-toko yang tutup lebih awal tersebut tidak ditunggui oleh pemiliknya sehingga banyak karyawan yang sudah menutup toko dan bersiap-siap pulang sebelum atau tepat pukul 20.30 WIB.

Saya telah mengadakan pelatihan untuk berbagai perusahaan yang bertujuan agar produktivitas karyawan meningkat dan salah satu hasilnya mereka tetap mau dan bisa bekerja dengan sangat produktif meskipun tidak ditunggui oleh pemilik atau pimpinannya.Bahkan para karyawan diperusahaankecilsekalipunmampu mengambil inisiatif yang luar biasa untuk mampu meningkatkan pendapatan pribadi dan pendapatan perusahaan sehingga sering mereka justru memilih untuk tetap bekerja dengan senang hati di atas jam kerja yang telah ditetapkan.

Sebagai contoh,sistem tersebut telah sangat berhasil saya terapkan antara lain di toko ponsel di Roxy, Cempaka Mas, Ambassador, Fatmawati Jakarta, toko busana muslim, toko emas. Dengan menerapkan sistem Produktivitas Berkait dengan Penghasilan, banyak karyawan yang tidak mau jika toko ditutup lebih awal.Bahkan,mereka meminta agar toko ditutup lebih malam lagi, di atas jam tutup yang semestinya. Yang saya maksud sistem produktivitas berkait dengan penghasilan adalah memberikan penghasilan yang lebih kepada para karyawan jika mereka mau meningkatkan produktivitas dan inisiatif kerjanya.

Dengan begitu, mereka akan mengetahui dengan lebih pasti apa kiranya keuntungan yang diperoleh jika mereka mau bekerja/ menjaga toko hingga melebihi jam kerja yang telah ditentukan. Bagaimana cara menerapkan suatu sistem agar produktivitas berkait dengan penghasilan? Cara paling efektif adalah dengan memberikan komisi. Misalnya, dengan bekerja sekian jam per hari, seorang karyawan akan mendapatkan sejumlah komisi tertentu dan itu berkaitan dengan omzet. Ambil contoh, suatu toko mendapatkan omzet Rp2 juta per hari,maka tiap karyawan akan mendapat komisi sebesar Rp1.000.Akan tetapi,jika omzetnya menjadi Rp5 juta, tiap karyawan mendapatkan komisi sebesar Rp5.000 dan seterusnya.

Alhasil,ketikaseorangkaryawan tertantang untuk memperoleh suatu komisi tertentu,tapitargetyangingindicapai masih kurang. Mereka akan meminta untuk memperpanjang jam tutup toko meskipun sebenarnya sudah melebihi jam tutup. Ketika produktivitas berkait dengan penghasilan, mereka mengetahui akan mendapatkan komisi yang cukup besar, maka mereka akan semakin produktif. Perlu dicatat,dalam pemberian komisi ini prinsipnya adalah perusahaan tidak boleh merugi. Jika perusahaan sudah mendapatkan keuntungan,barulah memberikan komisi.

Setelah saya training dengan menggunakan sistem produktivitas berkait dengan penghasilan,pemilik toko ponsel itu berkata kepada saya, "Pak, sebelum training ini, jika saya tidak ada di toko, sebelum jam 9 malam para karyawan saya sudah siap-siap untuk menutup toko.Tetapi, setelah Bapak memberikan pelatihan bahwa produktivitas berkait dengan penghasilan,yang terjadi sangatlah luar biasa.

Meskipun sudah jam 9.30 malam, mereka justru mengatakan kepada saya,'Kurang sedikit,kurang sedikit lagi Pak,tolong jangan ditutup dulu tokonya'." Untuk mengetahui berbagai ide menarik berkaitan dengan pemasaran,yang tentu saja akan mampu meningkatkan pemasaran bisnis Anda menjadi dahsyat, selaluikutiartikelsaya dikoranSINDOini. Sampai jumpa minggu depan, tentunya dengan berbagai ide menarik lain.(*) Tung Desem Waringin Pelatih Sukses No 1 di Indonesia The most Powerful People and Ideas in Business 2005
http://www.gsn-soeki.com/wouw/

--------------------
Web Designer - Web Content Updater - Web Promotion : http://www.gsn-soeki.com/
Gerabah dari pengrajin desa Lombok: http://www.lombokart.com
HAPPY POWER Collection http://www.happypower-id.com/
Bridal & Make Up: Salon Ovan Putri (Surabaya,Jakarta,Bali,Kalimantan) : http://www.ovanputri.com
One Stop Contractor - Designer - Furniture : http://www.top31.net/anemar/
DYNAMIS IT Superstore - Surabaya : http://www.dynamis-store.com
Tour & Travel Indonesia :: http://www.haryonotours.com
Surabaya Graphic House :: Kinky Pattern : http://www.kinkypattern.com/
Koleksi Artikel Pilihan Webmaster: http://www.top31.net
Koleksi Semua Artikel Menarik: http://www.gsn-soeki.com/wouw/
Lifebook & Esprimo Community/Komunitas : http://www.myfufu.net