Koleksi artikel Karir, Komputer, Pengembangan Pribadi, Rohani dll
Home Terbaru Populer Web Links 28 Jan 2020
GSN recommended web :
Ide2 bisnis, ide2 blog dari Cosa Aranda





Search

Artikel Web Link

Berlangganan artikel terbaru di GSN WOUW:

WOUW Online Support:
YM globalgsn
YM ID: globalgsn

Kategori
Excel Tips
Film Bioskop
Humor
Karir
Keluarga
Komputer & Internet
Pemasaran
Pengembangan Pribadi
Pernikahan
Relasi
Rohani
Virus & Antivirus
Webmaster
Lain-lain

BOOM ke puluhan situs. Hanya 30rb++ !!!

Pasang Iklan di GSN Wouw

Haryono Tours & Travel

Dynamis IT Superstore

Sumber Informasi



Feed Back
Nama:
Email:
Pertanyaan/ Masukan/ Request Artikel/ Comment:

. . . .

Untuk mengundang Motivator Top Indonesia di Perusahaan / Organisasi Anda bisa kunjungi website dibawah ini:

Motivator Indonesia

Ekoturisme: Keliling Dunia dengan Pikiran Membumi
Jumat, 15 Februari 2008 | 15:24 WIB
SAAT para wisatawan menjelajah sampai ke pelosok-pelosok dunia, mereka dihadapkan pada tanggung jawab untuk melindungi lingkungan yang ringkih yang mereka kunjungi. Gagasan tentang bepergian secara bertanggung jawab inilah yang dinamakan ekoturisme: bepergian dengan kesadaran menjaga lingkungan dan kekayaan budaya tempat yang dikujungi. Penolakan terhadap gagasan wisata ramah lingkungan, sama saja dengan membiarkan alam hancur tak terkendali.

Hargai Planet yang Ringkih

Sepertinya, planet ini terasa kokoh di bawah kaki kita dan dapat menjaga dirinya dari planet-planet besar dalam sistem tata surya. Sesungguhnya ekosistem bumi -permukaan bumi di mana kita berada- merupakan infrastruktur yang ringkih yang bergantung pada pemeliharaan yang seimbang dan berkesinambungan.

Bayangkan seakan bumi ini punya rambut. Sekarang kelihatan hebat tetapi semakin kita mengeksploitasinya secara tak terkendali, bumi akan semakin kacau, sampai suatu hari planet ini benar-benar botak. Jika kita tidak turut mengupayakan perlindungan, daerah tujuan yang unik dan indah, yang untuknya kita beli kamera mahal agar bisa difoto, mungkin saja sudah tidak ada bagi generasi mendatang.

Tinggalkan Hanya Jejak Kaki

Cukup ambil gambar atau foto, dan tinggalkan hanya jejak kaki. Dua frase sederhana ini merumuskan secara ringkas dan padat inti ekoturisme. Jangan tinggalkan sampah apapun, dan jangan ambil suvenir dari tempat-tempat bersejarah dan alam. Ekstremnya, ambil serpihan dari Candi Borobudur saja sudah merupakan suatu kejahatan.

Di alam liar sebisa mungkin jangan pernah mengganggu apapun. Biarkan batu-batu yang cantik pada tempatnya; meja kerja atau rak pajangan Anda pun tidak ketambahan beban yang tak perlu. Anggapan bahwa "itu hanya sebuah batu" akan menjadi masalah ketika sejuta orang masing-masing mengambil sebongkah batu dari hutan yang sama.

Ikuti Jejak

Menjalankan aturan dasar ekoturisme semudah mengikuti jejak yang telah ditandai, karena jejak itulah yang harus diikuti. Selalu ikuti jalan yang telah ditetapkan dan jangan tergoda untuk menjelajahi hutan.

Jangan ganggu binatang, tanaman atau habitat alamiah makhluk-makhluk itu, dan semoga mereka pun tidak mengganggu Anda. Ketika kita kecil, seribu kali kita dipesankan untuk tidak mengetuk-ngetuk kaca akuarium, jadi pikirkan setiap keagungan alam sebagai sebuah akuarium yang istimewa.

Pendidikan Sayang Jika Disepelekan

Perluas jangkauan wawasan Anda dan didik diri Anda dengan hal-hal mengenai geografi, kebiasaan dan cara mayarakat setempat yang hendak Anda kunjungi. Invasi nilai-nilai luar dapat merusak suatu budaya lebih dari kerusakan yang disebabkan sebuah buldoser. Pelajari budaya setempat sebelum Anda tiba dan ketahui mana dari tindakan dan nilai-nilai Anda yang tidak akan diterima dengan baik.

Turisme memberikan dorongan yang baik bagi masyarakat lokal. Dengan menghadiri acara-acara adat, Anda akan membangkitkan kebanggaan masyarakat akan adat, warisan budaya, serta tradisi. Tradisi-tradisi inilah yang menghadirkan perspektif yang lebih jujur dan awet akan suatu daerah ketimbang yang dapat ditunjukkan kartu pos manapun.

Rasa Hormat

Hormati hak-hak pribadi orang lain dan hendaklah Anda selalu meminta ijin sebelum memotret seseorang. Beberapa suku Aborigin di Asutralia percaya bahwa foto akan mencuri jiwa mereka. Anda mungkin tidak percaya hal itu, namun setidaknya hormati kepercayaan mereka dengan tetap menyimpan kamera Anda di dalam tas. Hormati juga tanah masyarakat setempat dengan selalu meminta ijin sebelum Anda memasuki gedung, kuil atau tempat suci. Menunjukkan rasa hormat akan membuat Anda memperoleh kepercayaan masyarakat lokal yang teramat berharga.

Suvenir

Suvenir merupakan bagian penting dari setiap kunjungan, terutama untuk keunikan dan kenangan langsung ingatan akan kunjungan yang mengesankan. Sebagai seorang eco-tourist yang peduli, jangan pernah membeli produk yang terbuat dari tanaman maupun hewan langka, seperti gading, kulit kura-kura, kulit, dan bulu binatang. Belilah suvenir dari seniman lokal untuk menjaga kelangsungan tradisi dan budaya setempat.

Bagikan ide ini dan makanlah di tempat makan milik penduduk setempat -menjelajahi dunia gastronomik sama pentingnya dengan mengunjungi tempat kunjungan utama yang sangat diminati turis. Pilihlah penginapan, hotel, dan pemandu lokal. Gunakan juga taksi, bis serta agen peminjaman mobil setempat.

Dukung Organisasi Lingkungan Hidup

Aksi penyelamatan ekologis paling mudah untuk dilakukan adalah mendukung organisasi yang berorientasi pada konservasi, yang bekerja melindung lingkungan hidup. Pilihlah tur operator dan pemandu yang bertanggung jawab, yang kebijakannya berdasarkan kesadaran ekologis.

Bagaimanapun Dunia Ini Kecil

Keliling dunia dengan kesadaran lingkungan di kepala akan lebih menyenangkan; menantang Anda belajar banyak tentang tempat dan orang-orang yang Anda kunjungi dan membantu masyarakat lokal menyokong lingkungan yang ringkih, ekonomi dan budaya mereka. Dengan begitu, perjalanan Anda pun punya dampak yang positif. (TravelSense.org/EGP)

Sumber: Kompas.com
Suka dengan artikel ini? [Bagikan artikel ini ke teman2-mu di FACEBOOK. Klik disini]


Posted: 20 August 2008 20:571893 Reads - Print
Ratings
Please select your Rating:
No Ratings have been Posted.
Artikel Sebelumnya:
Apa Saja Perlengkapan Wajib Backpacker

Tips Pilih Hotel Saat Bepergian

Bagaimana Cara Mencegah Jet Lag

Tips Agar Aman di Terminal Bus

Seru Mana, Traveling Sendirian atau Berombongan?

Artikel Lainnya:
Renungan Harian Katolik RenunganPKarmCSE.com

(ads) Lowongan Kerja - Hairstylist - Jakarta

(ads) Lowongan Pekerjaan - Cashier untuk SPA - Jakarta

(ads) Lowongan Kerja Therapist SPA Jakarta

(ads) Lowongan Kerja Business Manager SPA - Jakarta

Koleksi ucapan/sms Selamat Tahun Baru 2011

Pesan Paus untuk para Imam: "Kita Harus nge-Blog"

Penyakit Kawasaki Hadir di Indonesia;; 5.000 Balita Menderita Penyakit Kawasaki;; RS Omni Dirikan Kawasaki Center

Netbook HP (Notebook mini Hewlett-Packard) yang paling dicari saat ini: HP mini 1013TU, HP 1169, HP 1179

Melakukan Lima Usaha Marketing (3)


Iklan-iklan di bawah ini titipan dari Sponsor.GSN SOEKI tidak bertanggung jawab dengan isi iklan di bawah ini:




It's free for YOU. Gratis untuk ANDA!